Betapa Bahagia Saat itu..

Betapa Bahagia saat itu
tatkala kita duduk di beranda
dua tubuh, dua bentuk,
tapi jiwa kita sebagai satu..

Tatkala kita mulai tertawa,
Betet di langit mulai kunyah gula!

Dalam bentuk ini, kita di bumi.
Pada saat yang sama kita di Sorga

(Mevlana Jalaluddin Rumi)

Salah satu penggalan rubaiyat Maulana Rumi diatas dapat juga kita analogikan dengan kondisi pergulaan kita. Selama ini kita selalu mengenang  kejayaan masa lampau dimana Indonesia pada zaman Hindia Belanda merupakan salah satu eksporter gula terbesar di dunia.

Itu adalah masa lalu yang indah yang patut dikenang dan dicatat. Tetapi sekarang kita harus menghadapi masa dimana produksi gula nasional merosot. Pada saat yang sama pemerintah telah mencanangkan bahwa pada tahun 2014 akan dicapai Swasembada Gula Nasional. Akankah target itu tercapai ? Hanya waktu yang bisa membuktikan..

Kita tidak boleh lelah untuk berusaha. Takdir memang di tangan Allah, tetapi nasib manusialah yang menentukan, sesuai dengan firman Allah SWT : “Sesungguhnya Allah tidak mengubah apa yang ada pada sebuah kaum hingga mereka mengubah apapun yang ada pada diri mereka.” (QS Ar Ra’du 11).   Dengan usaha dan kerjasama antara insan pergulaan (praktisi, peneliti, pemerintah, petani, dll) maka kita berharap target swasembada gula 2014 dapat tercapai..

Munculnya website atau blog ini diharapkan dapat menjadi wadah atau tempat berbagi informasi dan pengetahuan baru dalam bidang pergulaan sehingga kita dapat bekerja sama. Kami berharap dari para pembaca sekalian untuk memberikan sumbangsih dan saran nya atau memberikan kritik bagi kebaikan kita bersama.

Semoga bermanfaat dan kita berharap kepada Allah SWT kita dapat meraih kejayaan seperti masa lampau.

 

Share

One Response to “Betapa Bahagia Saat itu..”

  • priyotomo:

    Tapi pada masa itu (masa penjajahan Belanda) yg berbahagia ya penjajah, sedang rakyat kita tetap miskin..masih terlalu mahal untuk dapat merasakan manisnya GULA pd waktu itu.

Leave a Reply

*

Saran, Kritik, Ngobrol

Categories
Tweet
Sugar Research Fan Page